Dewi Handajani: Memperingati Hari Pahlawan Jangan Hanya Seremonial

Bagikan
  • 9
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS),- Bupati Tanggamus Dewi Handajani berharap, dalam memperingati hari pahlawan tidak hanya sebatas seremonial, tetapi lebih dikmaknai untuk memotivasi semangat perjuangan dalam mengisi kemerdekaan. Hal itu dikatakan Bupati Tanggamus, saat ramah tamah dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Tanggamus, yang diadakan di Rumah Makan Savana Kotaagung Timur. Jum’at, (16/11/2018).

“Saya mengucapkan terima kasih atas jasa pahlawan, karena tanpa adanya perjuangan para  pahlawan kita tak mungkin seperti ini, jadi bukan hannya sebatas seremonial saja memaknai hari pahlawan akan tetapi untuk memotivasi semangat mengisi kemerdekaan,” terang Bupati.

Bupati juga mengharapkan, di hari Pahlawan ini harus dimaknai dengan nilai perjuangan dan keteladanan, karena perjuangan tidak pernah usai, bagi kami perjuangan ini adalah tongkat estapet yang harus diperjuangkan kedepannya yang memiliki perbedaan di-era perjuangan merebut kemerdekaan dan di-era setelah kemerdekaan.

“Jika dulu para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan ini dengan  senjata, tetapi pada era sekarang ini kita berperang melawan kebodohan dan kemiskinan,” tegasnya Bupati.

Semangat inilah yang menjadi motivasi kita untuk selalu mengingat dan meneladani perjuangan dari pahlawan dalam membentuk kreativitas dan inovasi kita, dan program-program kita agar bisa memberikan kesejahteraan dan kemajuan bagi masyarakat dan daerah.

Saat ini sudah masuk dalam era digitalisasi, jadi saya sangat mengharapkan bahwa kemajuan teknologi ini juga bisa menjadi peluang kita untuk berjuang dengan segala sektor baik di sektor pertanian, sektor perkebunan, sektor perikanan, kelautan termasuk juga dengan sektor ekonomi kreatif dan yang lainnya.

“Sekali lagi saya mengajak pada kesempatan peringatan Hari Pahlawan ini, mari kita sama-sama merefleksi diri, mengevaluasi, apa nilai kepahlawanan, ujar Bupati.

Bupati juga mengatakan, saya yang mendapatkan amanah selaku bupati Kabupaten Tanggamus, tentunya tidak bisa berjuang sendiri. Karena banyak sekali masukan yang perlu saya dapatkan jadi untuk generasi muda saya sangat membutuhkan bantuan dan juga masukan agar kita tetap harus berjuang.

Ada satu hal yang mungkin juga perlu kita teladani, perjuangan para pendahulu kita pada saat itu tidak membedakan asal usul kita. Jadi tetap yang kita kedepankan adalah semangat untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara, tidak ada yang membedakan suku, ras, dan kelompok.

“Kita sama-sama berjuang untuk tujuan yang sama untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Apapun sukunya, apapun asal usul kita bagaimanapun status kita, dan apa pun itu marilah kita berjuang bersama-sama.
“pungkasnya Bupati.

Pada kesempatan itu, bupati menyerahkan bantuan kepada keluarga veteran.

Sementara dalam Laporan Seketaris Veteran Tanggamus Ahmad Saleh menyampaikan, dari 103 orang Veteran, ada 14 orang yang masih hidup yang ada di Tanggamus ini, itu sesuai dengan data waktu kita kunjungi satu persatu dan yang hadir saat ini 12 orang, sisanya para Istri Veteran yang pernah berjuang juga mendampingi pada waktu perjuangan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut
Pj.Sekda Tanggamus Hamid H Lubis, Dandim 0424 Letkol Arh Anang Hasto Utomo, Perwakilan Polres Tanggamus, para Opd dan segenap Veteran Kabupaten Tanggamus. (Sis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com