Destinasi Air Terjun Beranak Diresmikan

Bagikan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS), – Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Air Terjun Beranak di Dusun Batulima Pekon Sidomulyo kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus dikukuhkan melalui surat Keputusan Pemkab Tanggamus No.556/416/VII/20/2018

Kepala dinas Pariwisata Retno Noviana Damayanti mengatakan, dengan keluarnya SK penetapan pokdarwis air terjun beranak diharapkan Podarwis dapat bekerja  maksimal dalam pengembangan  tempat wisata.

“Kekompakan kelompok harus di pelihara dan dipertahankan, keamanan pengunjung harus dijaga, sehinggan lokasi air terjun beranak dapat menjadi salah satu alternatif  kunjungan wisata yang ada di kecamatan tersebut,”ujar Retno Senin, (1/10/18).

Retno menambahkan, tidak hanya itu saja Sapta PESONA Harus menjadi acuan dan pedoman bagi pengelola maupun pengunjung, untuk  memberikan keindahaan dan kenyamanan, serta dapat menjadi destinasi wisata dikenal, “Bukan hanya di  Kabupaten Tanggamus bahkan diluar daerah,”tetangnya.

Sementara Toni Asmarin ketua Pokdarwis,  berharap dengan adanya tempat wisata yang baru dikembangkan ini dapat memicu semangat warga untuk sadar wisata, “Kami berharap  warga dapat ikut serta dalam mengembangan wisata Air Terjun ini,”pungkasnya.

Air Terjun Beranak merupakan destinasi wisata yang terletak di wilayah register 39 tidak jauh dari pekon Sidomulyo, kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus atau lebih dikenal dengan nama dusun Batulima.

Untuk menuju kelokasi tersebut dari penghujung pekon dapat ditempuh melalui jalan tanah menggunakan kendaraan roda dua kurang lebih 15 menit. Sebelum mencapai kelokasi, pengunjung juga dapat melihat objek  wisata yaitu adanya lima buah batu yang berjejer dari yang terbesar hingga terkecil, yang menjadi nama dusun “Batulima”.

Selain itu terdapat pula dua batu besar,  satu batu berbentuk panjang yang menyerupai Perahu seolah menghadap pada batu besar yang tertanam kokoh kedalam tanah.

Setelah sampai dilokasi pengunjung disambut dengan nuansa alami  untaian Air Terjun dengan ketinggian kurang lebih 8 meter, berdindingkan batu cadas berlapis dengan warna hitam pekat dan mengkilat.

Berada dilokasi Air Terjun Beranak dapat merasakan sensasi luar biasa, dengan nuansa alami yang menyejukan, dengan suhu yang dingin, deruan suara air yang terjun tinggi hingga nampak embun putih terbang dari permukaan air, suara kicauan burung liar yang terbang kesana kemari dan hijaunya pepohonan yang mengelilingi.

Untuk nama lokasi air terjun ini spontan terucap dari salah seorang anggota pokdarwis dimana Air terjun ini awalnya ada dua aliran air  dan setelah para pemuda kampung bergotong royong membersihkan lokasi mengalirlah satu lagi air terjun lagi untuk itu tercetuslah Air Terjun Beranak.

Antusias warga dalam Pokdarwis yang bergotong royong untuk mengembangkan destinasi wisata ini sangatlah patut diapresiasi. Dapat dilihat dari semangat warga  bahu membahu memperindahnya walau dengan keterbatasan serta alat seadanya. (Sis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com