Desa Sinar Jaya Lampura, Membangun Bersama Warga

Bagikan
  • 12
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Desa menjadi tumpuan bagi kehidupan kota, dalam perjalanannya desa banyak menghasilkan sumberdaya alam yang menyokong hidup orang banyak. Bertahun-tahun desa terlihat timpang serta jarang tersentuh pembangunan.

Dalam hal pembangunan desa dengan anggaran Dana Desa (DD) mempunyai kewenangan yang lebih luas dalam menentukan arah kebijakan untuk menjalankan apa yang menjadi prioritas pembangunan sesuai dengan hasil musyawarah perencanaan pembangunan desa/pekon (musrembang desa) kemudian dikuatkan dengan rencana kerja pemerintah desa (RKP Desa).

Salah satunya Desa Sinar Jaya, Kades Abas Zen, saat ditemui media hariansumatera.com jum’at (27/07/18)  di kediamannya mengatakan, alokasi dana desa Tahun  2018 tahap pertama ini mengedepankan rasa keadilan, sesuai skala prioritas kebutuhan yang ada dimasyarakat, dan tentunya dalam pembangunan itu juga melibatkan warga Desa Sinar Jaya, dengan harapan mampu memaksimalkan hasil pekerjaan pembangunan, selain itu juga, agar masyarakat disetiap dusun rasa memiliki dari hasil pembangunan tersebut.

“Dalam pembangunan fisik di desa, kami mengedepankan azas manfaat serta kegotongroyongan sehingga hasil baik secara fisik maupun ekonomi dapat dirasakan oleh masyarakat, semisal drainase yang menghubungkan dusun 1 200 meter dan dusun 3 sepanjang 400 meter jika disesuaikan dengan RAB keseluruhannya senilai Rp.220 456.500, telah rampung pengerjaannya,” terangnya.

Untuk dapat merealisasikan dan serap anggaran dana desa tahap ke 1 (satu) tahun 2018 untuk pembangunan fisik sesuai dengan apa yang menjadi usulan masyarakat Desa Sinar Jaya yang disampaikan dan disetujui saat musrembang desa.

Pembangunan fisik tahap ke 1(satu) 20% tersebut di antaranya drainase dan gorong- gorong, yang pengerjaannya telah selesai seratus persen, adapun untuk tahap ke dua 40% rabat beton, lapen dan lampu jalan dalam proses pengerjaan.

“Pembangunan drainase dan gorong-gorong tahap pertama guna mempermudah akses masyarakat Desa Sinar Jaya, yang semula tertinggal karena akses jalan yang sulit,  sekarang sudah bisa menghubungkan dusun satu dan dusun dua, dan kini giat membangun dari bantuan Dana desa dengan melibatkan masyarakat,” ungkap Abas.

Selain itu juga, Solihin mewakili masyarakat Sinar Jaya memberikan dukungan positif kepada kepala desa, yang sudah merealisasikan pembangunan drainase dusun tiga dan dusun satu  dilingkungannya.

Persoalannya, sebelum dibangun drainase saat musim hujan dapat merusak jalan akses penghubung dua dusun.

“Menurut kami pembangunan drainase dilingkungan kami cukup bagus, karena, bisa mengantisipasi saat musim hujan. Bukan itu saja, masyarakat juga lebih mudah menggunakan akses jalan lingkungan dari dusun satu kedusun dua,”ujarnya.(efri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com