Cair, Seribuan Warga Way Kanan Terima Dana PKH

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Way Kanan – Pengurus Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Way Kanan Lampung mengucurkan dana PKH Hasil Validasi 2016 kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan, Minggu (15/1).

Penyaluran perdana bantuan PKH hasil validasi 2016 itu, diterima 1281 KK warga Banjit Kabupaten Way Kanan yang telah di validasi Bulan Anggustus 2016 yang memiliki Komponen.

Dimana berdasarkan keterangan yang dihimpun dari pengurus PKH Kabupaten Way Kanan, komponen penerima yang paling kecil diterima anak di usia sekolah dasar, yaitu mendapat besaran bantuan Rp.450 ribu. Sementara untuk anak usia SMP, mendapatkan dana sebesar Rp.750 ribu, dan untuk anak SMA Rp. 1 juta. Terdapat juga penerima untuk balita dan ibu hamil yang jika salah satu syaratnya terpenuhi, maka berhak menerima dan Rp.1,2 juta. Selain itu, adapula bantuan tetap setiap Tahun sebesar Rp.500 ribu yang dibagi dalam setiap penyaluran, yang diterima di tahap satu.

Koordinator Program Keluarga Harapan Way Kanan Pebri, SH, mengatakan dari bantuan ini, terdapat bantuan maksimal dan juga minimal. Bantuan minimal berjumlah Rp.950 ribu/tahun dibagi menjadi dua tahap yaitu Rp 500 ribu dari bantuan tetap dan Rp 450 ribu dari bantuan komponen. Hal tersebut terjadi ketika di dalam satu KK hanya ada satu anak SD yang dibantu.

“Semuanya dibayarkan secara bertahap,” tutur Pebri, usai melaksanakan kegiatan di Kantor Pos Banjit.

Pebri menambahkan, ketika di dalam satu KK terdapat seluruh komponen seperti anak SD, SMP, dan SMA, maka dana maksimal yang dapat diterima oleh keluarga tersebut mencapai Rp 3,9 juta/tahun.

“Jadi mau berapa pun anaknya, maka dana yang diterima akan tetap mentok Rp 3,9 juta/pertahun. Tidak bisa lebih,”kata dia.

Lebih jauh Pebri menerangkan, dana tersebut diperoleh dari dana APBN, dan akan disalurkan setiap tiga bulan. Namun jumlah pasti berapa dana yang keluar setiap tahunnya akan berbeda, karena tergantung jumlah penerima di setiap daerah.

“Total dana yang dikeluarkan di tahap 4 Tahun 2016 yaitu sekitar Rp 3,8 miliar” jelas Pebri.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Way Kanan, Pardi, SH., MM. mengatakan, PKH ini merupakan program dari Kementerian Sosial yang dilaksanakan untuk membantu para keluarga yang kurang mampu dalam hal ekonomi.

“Dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban Keluarga Miskin. Sementara dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi. Sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan,”ungkap Pardi, seraya menambahkan jika dirasa keluarga sudah mampu, kata Pardi, maka akan diganti lagi dengan keluarga penerima lainnya.

“PKH ini merupakan bantuan kepada keluarga miskin. Nah diharapkan nanti ketika yang miskin tersebut telah ada perubahan atau peningkatan kesejahteraan, maka bantuan akan dicabut, dan kemudian akan diganti lagi dengan yang membutuhkan,”pungkasnya. (MS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com