Bupati Tanggamus Dewi Handajani Hadiri Sidang Paripurna DPRD Tanggamus Masa Sidang ke II Tahun 2021

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menghadiri Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tanggamus Masa Sidang ke II Tahun 2021, yang dibuka langsung oleh Ketua DPRD Heri Agus Setiawan dan diikuti 41 Anggota. Turut hadir Wakil Bupati AM Syafi’i, Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, Para Asisten, beberapa Staf Akhli, Forkopimda, beberapa OPD, dan Camat se- Kabupaten Tanggamus, Jum’at (16/04/2021).

Dalam Sidang Paripurna tersebut terdapat beberapa agenda pembahasan diantaranya:

  1. Penyampaian Usulan dan Penandatanganan MoU PROPEMPERDA Tahun 2021.
  2. Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Pansus, Rencana Persetujuan DPRD dan Penyampaian Pendapat Akhir Bupati terhadap Laporan Keterangan Pertanggung jawaban Bupati Tanggamus Tahun 2020.

Dimana pemberian kewenangan yang luas kepada Pemerintah Daerah harus diimbangi dengan pertanggungjawaban terhadap segala tindakan kebijakan dan keputusan yang diambil dalam rangka mewujudkan Visi Misi yang telah ditetapkan.

Selain itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019, tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, juga ditegaskan bahwa Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada DPRD adalah bersifat progress report terhadap pelaksanaan tugas selama satu tahun anggaran yang telah berjalan.

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 1 April 2021, saya telah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Tanggamus Tahun 2020, kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang terhormat, sebagai bahan evaluasi terhadap Kinerja yang telah dilakukan Pemerintah Daerah selama tahun 2020.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Anggota Dewan yang terhormat, khususnya Ketua dan Anggota Panitia khusus (Pansus) LKPj serta pihak-pihak yang terlibat dalam proses Evaluasi LKPj Bupati Tanggamus tahun 2020.

Kemudian terhadap catatan dan evaluasi LKPj ini, baik yang berupa rekomendasi, masukan dan kritik, kami menyadari dari apa yang kami lakukan selama ini, masih terdapat beberapa kekurangan. Oleh karena itu, jika Dewan yang terhormat telah menyampaikan catatan tersebut, kami akan jadikan sebagai kontribusi positif bagi kami, untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap pelaksanaan program pembangunan saat ini dan program selanjutnya.

Kepada seluruh perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, saya minta agar benar-benar mencermati berbagai masukan dan kritikan tersebut, hendaknya semua dapat diakomodir dan disikapi dengan lebih serius demi tercapainya tujuan Program Pembangunan yang kita laksanakan kearah yang lebih baik.

Termasuk jika selama ini masih terdapat ego sektoral, yang berakibat pada kurang konsistenya pencapaian kinerja RPJMD Kabupaten Tanggamus dan 55 Program Aksi Kepala Daerah, maka diharapkan hal tersebut dapat diluruskan kembali, agar proses Pembangunan di Kabupaten Tanggamus berjalan secara sistematis dan sesuai dengan rambu-rambu yang ada

Perlu juga saya sampaikan, dibalik beberapa kelemahan dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2020 yang lalu, tentunya terdapat kemajuan dan keberhasilan diberbagai bidang pembangunan yang telah kita capai.

Tentunya kemajuan dan keberhasilan tersebut merupakan Hasil Karya Kita bersama. Baik Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif serta segenap elemen masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Selain itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah juga ditegaskan bahwa Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada DPRD bersifat progress report, terhadap pelaksanaan tugas selama satu tahun anggaran yang telah berjalan.

Oleh karena itu, melalui kesempatan ini kembali saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersatu padu dalam mewujudkan kemajuan dan keberhasilan tersebut. Semoga kebersamaan ini dapat terus kita pertahankan dan ditingkatkan lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Walaupun dimasa Pandemi Covid-19 ini, kita semua harus optimis dan tetap bersemangat, kita bekerja bersama-sama agar apa yang kita harapkan dalam pembangunan di segala bidang dapat tercapai, ujar Bupati Tanggamus Dewi Handajani. (@)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com