Bupati Lampung Utara Menerima Penghargaan Tjindarboemi

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Bupati Lampung Utara Hi. Budi Utomo, S.E., M.M menjadi salah satu kepala daerah penerima penghargaan Tjindarboemi dari PWI Lampung dengan kategori Kepala Daerah Penataan Sektor Wisata Alam dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung.

Penghargaan tersebut diserahkan pada puncak rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI ke-75 yang akan dilakukan serentak di 14 kabupaten/kota secara virtual bersama PWI Provinsi usai mengikuti virtual bersama Presiden Republik Indonesia Jokowi, pada Selasa 9 Februari 2021, di Gedung Olah Raga (GOR) Sukung Kotabumi, Selasa 9 Februari 2021 besok.

Ketua PWI Lampung Utara, Jimi Irawan, menyebut anugerah Tjindarboemi ini merupakan penghargaan yang diberikan sebagai salah satu kepedulian PWI Lampung atas dedikasi dan inovasi terhadap pembangunan yang dilaksanakan di Lampung.

Jimi menjelaskan, peran Bupati Budi Utomo dalam menata sektor wisata perlu mendapat apresiasi. Sebab, di kepemimpinan Budi Utomo sejumlah objek wisata yang ada di Lampung Utara tersebut mulai ditata kembali. Begitu halnya wisata alam Grand Bambu di Kecamatan Abung Tengah yang sudah berjalan dari beberapa tahun lalu terus ditingkatkan dan kini semakin maju.

”Fasilitas di grand bambu itu ada arung jeram, flaying fox, sepeda gantung dan fisilitas permainan anak-anak lainnya,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Jimi, masih banyak wisata alam lainnya yang akan ditata Bupati Budi Utomo. Diantaranya wisata alam Bendungan Way Tebabeng, kini terus digenjot sebagai wisata unggulan daerah. Kemudian Air Terjun, dan batu alam berbentuk prasasti yang akan ditempatkan di beberapa lokasi taman di wilayah perkotaan.

”Untuk wisata alam air terjun itu juga kami lihat akan disinergikan dengan budidaya ikan nila. Dan Budidaya ikan nila tersebut sudah berjalan. Hasilnya juga sudah diakui daerah lain,” terang Jimi.

Sekretaris PWI Lampura, Furkon Ari yang juga merupakan koordinator pelaksanaan HPN 2021, menambahkan wisata alam air terjun tersebut lokasinya berada searah dengan lokasi budidaya ikan nila di Kecamatan Abung tinggi dan Tanjungraja kabupaten setempat.

”Saya yakin, di kepemimpinan Pak Budi Utomo ini seluruh objek wisata baik yang sudah ada maupun yang akan dilaksanakan dapat berjalan maksimal. Semangat Bupati sangat kuat untuk memajukan pariwisata yang ada di Lampung Utara ini,” kata dia.

Berdasarkan pantauan para awak media yang tergabung di PWI Lampung Utara, sektor-sektor pariwisata yang terletak di Kecamatan Abung Tinggi dan Kecamatan Tanjungraja memang perlu keseriusan dari para penggerak serta perhatian pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

Sektor pariwisata ikan nila dan Air Terjun, tambah Furkon,
menjadi perhatian khusus Bupati Budi Utomo di tahun 2021 ini. Sebab wisata alam bebas di dua kecamatan tersebut tidak kalah menarik dengan kawasan pariwisata yang ada di
daerah lain.

”Air terjun yang terdata di Kecamatan Tanjungraja seperti Air Terjun Sukemi, Air Terjun Mandi Angin, Air Terjun Goa Asri, serta Air Terjun Giri Tirta di Desa Sindang Agung. Sedangkan pariwisata ikan nila berada di Desa Sido Kayo dan Desa Skipi Kecamatan Abung Tinggi. Bahkan tahun ini kecamatan itu akan membuat jargon, yaitu Kampung Nila,” ungkapnya.

Dalam momentum HPN tahun 2021 ini diharapkan para wartawan yang tergabung dalam PWI turut mendukung dan menyukseskan program-program pembangunan di Lampung Utara, khususnya program wisata alam. Selain itu, pada saat pelaksaan hari puncak HPN, para tamu dan peserta acara wajib mematuhi protokol kesehatan. “Undangan sangat terbatas, mengingat masih dalam masa pandemi. Dan kegiatan dilakukan secara sederhana,” tutup Furkon. (*/rls).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com