Bupati Dewi Handajani Serahkan Bantuan Alsintan

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian, berupa Hand Traktor, Pompa Air, Hand Sprayer dan Com Seller di Kompleks Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Selasa (7/1/2020).

Adapun jika jumlah Alsintan yang dibagikan menurut laporan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan yaitu Cultivator 17 unit, TR W 24 unit, Pompa Air 36 unit, Pompa Air Kecil 20 unit, Corn Sheller 6 unit, Hand Sprayer 50 unit dan PUTS 8 unit (perangkat uji tanah sawah).

Kemudian alsintan yang diserahkan secara simbolis pada hari ini, Hand Traktor untuk kelompok Boga Sari Kecamatan Cukuh Balak, Cultivator kepada kelompok berkah jaya Kotaagung, Pompa Air Langgeng sejahtera Kecamatan Gisting, Corn Seller kelompok Puspa Tanjung Kecamatan Kotaagung Timur, Hand Sprayer kelompok KWT Srikandi Kecamatan Gisting, Perangkat Uji tanah sawah (PUTS) Sumberejeki II Cukuh Balak dan Petani Teladan Kelompok Rezeki II Cukuh Balak.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, berharap, dengan bantuan Alsintan ini dapat mendukung dan meningkatkan hasil Pertanian dan Perkebunan di Tanggamus, kata Bupati.

Bupati menambahkan, bahwa capaian produktifitas untuk kabupaten tanggamus saat ini 5,7% diatas rata-rata provinsi sebesar 5,3%, tentu ini adalah semangat untuk kita semuanya. Kemaren tahun 2019 dengan masa kemarau yang panjang, tapi produktivitas kita bisa mencapai 5,7

Mudah-mudahan untuk tahun 2020 ini akan, lebih meningkat lagi produktivitasnya. Tentunya berbagai macam hal-hal yang akan mendukung, terhadap peningkatan produktivitas. Baik upaya khusus yang akan dilakukan, dan sangat yakin petani akan sejahtera”, tuturnya

Pada tahun 2020 Bupati berharap produktivitas akan meningkat lagi dari 5,7% menjadi 5,8 % syukur kalau bisa mencapai 6,0%, pungkas Bupati.

Sementara Catur Agus Dewanto Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tanggamus menjelaskan ada 3 kartu untuk membantu petani meningkatkan produktivitas hasil pertanian yang ada di Kabupaten Tanggamus, yaitu; Kartu Petani Berjaya (KPB) Kartu Biring Sistem untuk pupuk subsidi kemudian ada Kartu Tani dari Kementrian Pertanian, itu untuk membantu petani, semacam kredit yang bisa untuk mempasilitasi mereka untuk melaksanakan pertanian”, ungkap Catur

Lampung memiliki potensi perkebunan lebih kurang 82.000 hektar berdasarkan data PPS tahun 2018, khusus Kartu Petani Berjaya yang merupakan bagian dari pemerintah provinsi Lampung, kabupaten Tanggamus siap melakukan itu.

Khusus untuk kebencanaan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan memiliki stok beras sebanyak 38,5 Ton, siap dikeluarkan sesuai perintah pimpinan, tandas catur dihadapan wartawan

Hadir dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Bupati Firman Rani, Asisten II Sukisno, serta 176 tamu undangan. (Riz)

/IMG-20210331-WA0003_copy_640x513.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com