Bupati Agung Dorong Kompetensi Wartawan

Bagikan
  • 26
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Bupati Lampung Utara kembali memberikan dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kembali menggelar kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pelaku profesi agar lebih mengedepankan profesionalisme dalam melakukan aktivitas disarana informasi (media).

“Saya pribadi atas nama pemerintah daerah sangat setuju dengan adanya pendidikan dan pelatihan serta uji kompetensi bagi wartawan,” ujar Bupati, saat menerima audensi perwakilan pengurus PWI setempat, Jumat (27/7/2018).

Menurutnya, dengan bertambahnya pengalaman bagi insan pers yang telah melaksanakan pendidikan dan ujian sebagai landasan melakukan aktivitas profesinya tentu akan berdampak pada situasi dan kondisi di suatu daerah. Selain itu juga akan dapat melakukan aktivitasnya sebagai sosial kontrol dengan profesional.

“Profesi wartawan ini bisa menjadikan sesuatu itu air dan juga bisa menjadikannya api. Untuk itu saya mendukung kalau kegiatan uji kopentensi atau pelatihan-pelatihan itu bisa terus dilakukan,” kata Bupati.

Sebagai mitra kerja pemerintah, lanjutnya, media massa merupakan sarana penyampai informasi baik kepada masyarakat luas begitu pun sebaliknya. Dengan demikian pelaku sosial kontrol khususnya profesi wartawan bila didukung kualitas dan kuantitas person, maka dipastikan sebelum menyebarkan informasi kepada khalayak akan lebih dulu mengedepankan segala unsur.

Menurutnya, tidak sedikit berita-berita yang telah disebarluaskan atau disampaikan kepada khalayak melalui suatu media itu belum memenuhi unsur, namun sudah ditayangkan.

“Kalau sudah seperti itu, katanya bapak punya hak jawab sesuai dengan undang-undang pers,” ungkapnya, yang menyayangkan jika ada suatu pemberitaan yang belum tentu akurasinya namun telah disebarluaskan.

“Saya sarankan supaya pelatihan-pelatihan untuk rekan-rekan wartawan ini bisa diteruskan dan jika perlu memdatangkan guru-guru dari jakarta dan para senior,” pungkasnya.

Menanggapi itu, Ketua PWI Lampung Utara Jimi Irawan, mengatakan bahwa di kabupaten setempat untuk wartawan yang tergabung di PWI dari 45 orang pengurus hanya 15 orang lagi yang belum mengikuti uji kompetensi.

“Wartawan yang tergabung di PWI Lampung Utara untuk sekarang ini dari 45 pengurus, 30 orangnya sudah mendapatkan sertifikat kompetensi,” kata Jimi Irawan.

Ketua PWI Lampung Utara itu juga menyatakan bahwa untuk meningkatkan status keanggotaan PWI sebelumnya anggota juga harus melaui proses pendidikan supaya bisa dinaikan statusnya kejenjang lebih tibggi. Seperti pada program UKW sendiri, dari anggota muda bila ingin meningkatkan statusnya tentu akan kembali mengikuti UKW untuk ke tingkat madya atau utama.

“PWI Lampung Utara juga telah memprogramkan anggota untuk mengikuti kembali UKW bagi yang ingin meningkatkan status keanggotaannya,” lanjut Jimi Irawan.

Selain itu, lanjutnya, Dewan Pers sendiri sebagai naungan wartawan khususnya yang tergabung di dalam Organisasi PWI terus melakukan pendataan dengan memberikan sertifikat kepada masing-masing media massa yang telah dianggap layak sebagai wadah untuk wartawan menyalurkan karyanya. (Sarnubi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com