Bappelitbang Tanggamus Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis dan Inovasi Teknologi Tepat Guna

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Gisting ( HS ) – Bappelitbang Tanggamus melaksanakan Acara Presentasi Final dan Pengumuman Pemenang kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Inovasi Teknologi Tepat Guna tahun 2019, Kamis 14 November 2019 di Aula Pekon Gisting Bawah.

Kegiatan ini merupakan bagian dari inovasi Bappelitbang kabupaten Tanggamus yang dikemas dalam rangkaian kegiatan final acara Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Inovasi Teknologi
Tepat Guna tahun 2019.

Rangkaian kegiatan dimulai dari Tahap persiapan, sosialisasi, pengumuman lomba, pendaftaran peserta, serta penilaian yang terdiri dari
penilaian makalah, seleksi site visit, dan seleksi final presentasi yang dilaksanakan selama 4 bulan dari bulan Juli s.d November 2019.

Kepala Bidang Litbang Haizar dalam laporannya menyampaikan bahwa acara ini merupakan bagian rangkaian kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Inovasi Teknologi Tepat Guna yaitu:

  1. Pendaftaran peserta tanggal 30 Juli s/d 30 September 2019. Makalah yang masuk berjumlah 27 makalah terdiri dari 15 makalah Katagori Umum, dan 12 Makalah Kategori Pelajar. Makalah tidak lolos seleksi administrasi berjumlah 4 makalah, terdiri dari 2 makalah kategori umum, dan 2 makalah kategori pelajar. Makalah yang lolos administrasi dan akan dilakukan penilaian seleksi makalah berjumlah 23 makalah, terdiri dari 13 makalah kategori umum dan 10 makalah kategori pelajar.
  2. Penilaian Makalah pada tanggal 02 Oktober s/d 16 Oktober 2019, Makalah yang lolos administrasi selanjutnya melalui tahap seleksi makalah oleh Tim Juri dan dipilih 5 peringkat teratas pada masing-masing katagori.
  3. Penilaian Site Visit pada tanggal 23 s/d 25 Oktober 2019, Makalah yang menduduki peringkat 5 teratas dilakukan seleksi Site visit dan diperoleh 3 peringkat teratas untuk
    menjadi finalis Lomba dan akan dilaksanakan Presentasi Final pada acara final presentasi tanggal 14 November 2019.

Bupati Tanggamus dalam sambutanya yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan, dan Pembangunan Muhaimin Sastranegara menyatakan bahwa ” kegiatan ini merupakan program
pendukung dari program 55 AKSI Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus yang memperhatikan pembinaan dan pengembangan kreatifitas generasi muda,” ujarnya

” Intinya pemerintah daerah sangatlah mendukung terhadap karya-karya asli anak-anak Tanggamus apalagi itu
dalam dibidang penelitian dan pengembangan IPTEK, yang harapannya dapat mengharumkan nama Tanggamus, bermanfaat untuk masyarakat, dan bernilai komersil di kemudian hari,” papar Muhaimin.

Setelah dilakukan presentasi finalis lomba, tanya jawab dan penilaian oleh Dewan Juri, maka diperoleh juara untuk masing-masing kategori umum dan pelajar.

Untuk Kategori Pelajar Juara 1 diraih oleh M Alfi Fai’zun dan Rahmat Yusuf Falah
(SUPM Negeri Kota Agung) dengan judul makalah Penari Teluk Semaka(Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut).

Juara 2 Maher Ariyat dan Nur Setiowati (SMAN 1 Sumberejo) dengan makalah Permen Bunga Kopi (Coffe Flower Candy).

Juara 3 Jerri Aprian Hedi, Marya Ulfa, Maycky Nugraha Putra, dan Wildan Ramadhan (SUPM Negeri Kota Agung) dengan makalah Pemanfaatan Limbah Dari Ekstraksi Kulit Ikan/Gelatin Sebagai Emulsifier Es Krim.

Sedangkan untuk kategori Umum Juara 1 diraih Mumpuni Uji Kawedar Anjung dan Endang Ismail dengan judul makalah On The Way Tanggamus Cooler (OTW TC).

Juara 2 Bita Parga Zen dengan
makalah Inovasi UAV Tipe Taktikal Sebagai Alternatif Monitoring Resiko Bencana Alam Di Kabupaten Tanggamus.

Juara 3 adalah Mudakir, S.Pd dengan makalah Inovasi Alat Peraga Pendidikan Untuk Mengamati Fenomena Petir Dan Sinar Katoda Menggunakan Bahan Bekas Dan Sederhana.

Acara Penutupan dan sekaligus pemberian Hadiah oleh kepala Bappelitbang Hendra Wijaya Mega.

“kegiatan ini didokumentasikan semuanya dengan baik dan dilaporkan ke Bupati Hj. Dewi Handajani melalui Sekda Hamid Hariansyah Lubis utk diteruskan ke Pemerintah Provinsi Lampung Cq. Balitbang Provinsi Lampung, dan ditembuskan ke Balitbang Kementerian Dalam Negeri untuk didaftarkan sebagai inovasi daerah kabupaten Tanggamus”.

Hal ini akan menjadi penilaian bagi Inovasi Daerah Kabupaten Tanggamus oleh Kementerian Dalam Negeri, dan menaikkan rating Tanggamus dalam indeks daya saing daerah.

” Peserta yang menjadi juara 1 sampai dengan 3 untuk masing-masing kategori tahun depan mendapat kesempatan yang sama untuk mengikuti Lomba Inovasi di tingkat provinsi Lampung mewakili Tanggamus,” ujar Hendra Wijaya M. (Man)

hs-krs-22.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com