Bappelitbang Tanggamus Menyelenggarakan Sinergitas Peningkatan Indeks Inovasi Daerah

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Bappelitbang Tanggamus menyelenggarakan sinergitas peningkatan indeks inovasi daerah dalam rangka penguatan sistem inovasi daerah, Rabu (16/09/2020).

Indeks inovasi daerah adalah himpunan inovasi daerah yang telah dilaporkan kepada Menteri Dalam Negeri sebagai sebuah bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Bentuk kebaharuan didasarkan urusan dan kewenangan suatu pemerintahan daerah pada setiap tingkatanya.

Dari hasil indeks inovasi daerah, didapatkan peringkat dari inovasi daerah pada sebuah pemerintahan daerah. pemeringkatan inovasi daerah dapat memberikan informasi mengenai pemetaan inovasi daerah, pemberian penghargaan dan pembinaan bagi pemerintahan daerah.

Hal ini diharapkan dapat lebih memacu kreativitas dan inovasi Pemerintah Daerah yang mendapatkan penghargaan, serta memotivasi Pemerintah Daerah lainnya untuk lebih meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pelaksanaan program dan kebijakannya di seluruh aspek, yang merupakan salah satu bentuk pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana diamanatkan Pasal 373 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang menetapkan bahwa “dalam rangka pembinaan atas penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Pemerintah memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang berprestasi”.

Penilaian dan Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif (Indeks Inovasi Daerah) Tahun 2020 akan diberikan kepada daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah berhasil melakukan inovasi daerah dalam bentuk:

a. Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah.

b. Inovasi Pelayanan publik; dan/atau.

c. Inovasi Daerah lainnya sesuai bidang urusan pemerintahan yang menjadi
Kewenangan daerah

Dengan keberadaan sistem ini, diharapkan dapat membantu pemangku kepentingan di Provinsi/kota/kab apabila mengalami kesulitan dalam proses pengukuran indeks Inovasi daerah

Pelaporan Indeks inovasi daerah diawali dengan melakukan pengisian data secara elektronik pada bulan Juni sampai dengan 20 September 2020, melalui website. https://indeks.inovasi.litbang.kemendagri.go.id/

“Pengisian data Indeks Inovasi daerah tersebut dikoordinasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (BAPPELITBANG) Kabupaten Tanggamus pada Bidang Penelitian dan Pengembangan. Oleh karena itu Bappelitbang Tanggamus pada hari Rabu 16 September 2020 mengadakan sinergitas peningkatan indeks inovasi daerah dalam rangka penguatan sistem inovasi daerah sebagai tindak lanjut Coaching Clinic Pengisian Data Indeks Inovasi Daerah dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait agar dalam proses pelaporannya diperoleh data yang akurat, berkualitas dan tepat waktu.” kata Kabid Litbang Setyawan Arfianto.

Kepala Bappelitbang Hendra Wijaya Mega dalam sambutannya berharap pengisian Indeks Inovasi daerah ini dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang Inovasi Daerah kabupaten Tanggamus dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain di Indonesia pada umumnya dan provinsi Lampung pada khususnya.

Hal ini selaras dengan tujuan pemetaan Inovasi itu sendiri yaitu untuk memaksimalkan kinerja pemerintah dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat bagi pencapaian tujuan pembangunan yaitu integrasi ke dalam laporan RPJMD Kabupaten/Kota dan Menyajikan rekomendasi ringkas strategi dan program penguatan inovasi dalam rangka menyiapkan bahan masukan untuk kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com