Bappelitbang Tanggamus Menyelenggarakan Coaching Clinic Pengisian Data Indeks Daya Saing Daerah

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Bappelitbang Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan Coaching Clinic Pengisian data Indek Daya Saing Daerah kepada OPD Kabupaten Tanggamus bertempat di Aula Litbang Bappelitbang, Rabu (22/07/2020).

Berdasarkan UU NO. 11 Tahun 2019 Tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknlogi (SISNAS IPTEK), Kemenristek/BRIN melalui Direktorat Sistem Inovasi, Deputi Penguatan Inovasi telah menginisiasi penyusunan model pengukuran Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) yang diharapkan dapat menggambarkan kondisi dan kemampuan suatu daerah dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang dimilikinya melalui peningkatan produktifitas, nilai tambah dan persaingan baik domestik maupun internasional demi kesejahteraan yang tinggi dan berkelanjutan.

Pentingnya IDSD sebagai alat untuk menilai keberhasilan suatu daerah untuk dapat bersaing dengan daerah lain dan mendukung daya saing Nasional.

Dengan keberadaan sistem ini, diharapkan dapat membantu pemangku kepentingan di Provinsi/kota/kabupaten apabila mengalami kesulitan dalam proses pengukuran indeks daya saing daerah (IDSD).

Pelaporan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) diawali dengan melakukan pengisian data secara elektronik pada bulan Juni sampai dengan 26 Juli 2020, melalui website https://indeks.inovasi.ristekbrin.go.id/admin/login.php.

” Pengisian data Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) tersebut dikoordinasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (BAPPELITBANG) Kabupaten Tanggamus pada Bidang Penelitian dan Pengembangan. Coaching Clinic Pengisian Data Indeks Daya Saing Daerah dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait agar dalam proses pelaporannya diperoleh data yang akurat, berkualitas dan tepat waktu.” kata Kabid Litbang Setyawan Arfianto.

Kepala Bappelitbang Hendra Wijaya M dalam sambutannya berharap pengisian Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) ini dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang Daya Saing Daerah kabupaten Tanggamus dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain di Indonesia pada umumnya dan provinsi Lampung pada khususnya.

” Pemetaan IDSD itu sendiri yaitu untuk Menyajikan analisis ringkas potensi dan gap daya saing daerah bagi pencapaian tujuan pembangunan yaitu integrasi ke dalam laporan RPJMD Kabupaten/Kota dan Menyajikan rekomendasi ringkas strategi dan program penguatan daya saing dalam rangka menyiapkan bahan masukan untuk kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah,” Ujar Hendra Wijaya M. (Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com