Banteng Muda Indonesia Lampung Utara Gelar Festival UMKM, Peserta Antusias

Bagikan

Kotabumi (HS) – Sebanyak 23 Kecamatan ramaikan Festival UMKM yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Cabang Banteng Muda Indonesia (DPC BMI) Lampung Utara dengan menampilkan berbagai macam produksi industri rumahan hasil dari karya dan inovasi dari wilayah masing masing.

Pantauan dilapangan Stadion Sukung Kotabumi, Rabu (15/6/2022) sore, setiap kecamatan menampilkan berbagai macam produksi rumahan mulai dari makanan riangan seperti keripik pisang dengan aneka rasa, kripik singkong, nangka, kopi, madu dan lainnya. Selain itu karya inovasi kerajinan tangan misalnya kain tenun, baju kebaya juga ikut meramaikan kegiatan UMKM tersebut dalam rangka memperingati Harlah Lampura ke 76.

M. Aditia Hapish Arafat mengatakan dalam rangka memperingati Harlah ke 76, BMI bekerja sama dengan pemkab Lampura berinisiatif melaksanakan kegiatan UMKM untuk memperkenalkan berbagai macam karya inovasi industri rumahan masyarakat yang tersebar di 23 Kecamatan. Sehingga kedeoan industri rumahan hasil karya masyarakat Lampura ini bukan hanya di kenal disini melainkan juga di tingkat provinsi maupun indonesia.

” Melalui kegiatan ini, kedepan masyarakat yang memiliki usaha mikro kecil bisa lebih semangat lagi dalam mengembangkan usahanya demi kemajuan bersama, ” kata dia.

Menurut dia, banyak sekali usaha mikro kecil masyarakat yang bisa dijumpai disini. Namun terkadang masih saja kesulitan bagaimana cara untuk mengembangkan usaha karena tidak ada wadah yang mampu memberikan ruang bagi mereka pelaku usaha untuk memajukan usaha.

” Saya berharap agar pemerintah nantinya bisa memberikan ruang atau wadah untuk mengembangkan usaha mereka sehingga nantinya roda perekomian di Lampura bisa berjalan dengan baik demi kemajuan daerah, ” tuturnyap

Sementara Wakil Bupati Lampura Ardian Saputra menyampaikan bahwa kegiatan ini cukup menarik dan perlu dipertahankan karena secara tidak langsung semua usaha mikro kecil di Lampura bisa kita jumpai dan dinikmati. Meski masih terbilang usaha mikro kecil namun sajian dalam bentuk kemasan membuat hasil karya itu menjadi lebih menarik.

” Kedepan pemerintah daerah akan mempersiapkan wadah atau ruang bagi pelaku UMKM bukan saja untuk memperkenalkan usahanya juga kita akan mrmberikan pelatihan pelatihan marketing sebagai bekal mereka untuk mengembangkan usaha, ” ucapnya seraya ternyata banyak sekali UMKM di Lampura yang harus diperkenalkan baik itu ditingkat provinsi maupun pusat.

Sementara Camat Sungkai Jaya Desputra Adami, optimis kecamatannya akan menjadi juara dalam kegiatan itu, mengingat hasil karya itu merupakan karya masyarakat desa yang ada di Kecamatan setempat. Berbagai macam aneka makanan ringan kripik yang memiliki berbagai macam cita rasa dan juga hasil kerajinan tangan pun kita tampilkan.

“Ini murni karya dari masyarakat desa kita, jadi bukan dari luar kecamatan terus kita pajang sembarangan. Kami yakin dan percaya, karya UMKM sungkai jaya ini dapat menjadi acuan bagi Kabupaten Lampung Utara ke depan,”singkatnya.(efri)

https://www.hariansumatera.com