Bandar Lampung, Lampura, Lambar, Pringsewu, Masuk Zona Orange Covid 19

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bandar Lampung (HS) – Data terbaru menyebutkan empat daerah di Lampung, yaitu Lampung Barat, Lampung Utara, Bandar Lampung, dan Pringsewu masuk Zona Orange Covid-19.

Sementara Pesisir Barat dan Tulang Bawang menjadi Zona Hijau. Selebihnya masuk ke Zona Kuning. Juru bicara Posko Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung. Dr. Reihana mengatakan, jika saat ini terdapat 4 Kabupaten/Kota yang ada di Lampung masuk Zona Orange penyebaran Covid-19. Ke empat daerah tersebut yaitu, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Utara, Lampung Barat dan Pringsewu.

“Ke empat daerah tersebut sebelumnya berada di Zona Kuning yang berarti risiko penyebaran Covid-19 rendah. Namun kini berubah menjadi Zona Orange yang berarti penyebaran Covid-19 sedang. Yang menentukan zona adalah gugus tugas pusat dengan melihat kajian surveilans, pelayanan kesehatan dan sistem kesehatan,” kata Reihana, dalam keterangan, Senin (7/9/2020).

Sedangkan 2 daerah yang berada di Zona Hijau ialah Kabupaten Pesisir Barat dan Tulang Bawang. Untuk sisanya sebanyak 9 daerah berada di Zona Kuning. Diantaranya, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Tanggamus, Pesawaran, Lampung Selatan, Metro, Lampung Timur, Lampung Tengah dan Mesuji.

Kementerian Kesehatan mensinyalir atau memperingatkan bahwa Covid-19 sudah mengalami mutasi gen, sehingga dengan cepatnya dapat menyebar dan menimbulkan kematian. “Bahkan di beberapa daerah juga sudah ada beberapa klaster rumah tangga,” lanjutnya.

Reihana mengajak semua masyarakat untuk lebih peduli dalam mematuhi protokol kesehatan. Terutama untuk pasien positif Covid-19 tanpa gejala yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. “Kami minta gugus tugas untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri harus menjadi perhatian khusus dan dipantau sedemikian rupa,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com