Aprozi Alam Ikut Panen Raya di Abung Tengah

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Ikuti Panen raya padi di Kecamatan Abung Tengah, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), minggu (9/4) Aprozi Alam dibanjiri keluhan petani didaerah tersebut.
Kebanyakan mereka (petani red.) Mengeluhkan dari masalah kelangkaan pupuk, sampai permasalahan irigasi, untuk mengairi sawah mereka.
Seperti yang dikeluhkan Kamil (45), petani setempat, dia mengeluhkan petak sawahnya yang terkadang kekeringan, karena saluran irigasi yang tidak maksimal.
” Selain pupuk masalah kami yang paling utama adalah air, kadang kami harus keluar malam untuk mengaliri air ke petak sawah kami ” ujar Kamil.
Meskipun pupuk tidak kalah sulitnya saat dimusim tanam tiba, Kamil dan para petani lain harus membeli lebih mahal ditempat lain.
” Kalau musim tanam kadang persediaan pupuk langka, kalau hasil panenya sedikit lumayan, kami nyetok pupuk, kalau tidak ya harus diakali, atau beli didaerah lain ” jelas Kamil.
Menyikapi keluhan tersebut, Helmi Hasan selaku juru bicara Aprozi Alam, mantan kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang juga Dewan kehormatan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) Lampura mengatakan, kelangkaan pupuk dan irigasi adalah masalah krusial yang cukup lama dan harus secepatnya ditangani.
“Kita ketahui kelangkaan pupuk dan saluran irigasi baik tersier dan skunder yang kurang baik adalah musuh yang paling utama bagi petani. Dan ini menjadi skala prioritas Pak Aprozi Alam” ujar Helmi Hasan, kemarin (9/4).
Helmi Hasan, yang sebelumnya pernah menduduki jabatan di birokrasi Lampura menjelaskan, Lampura secara geografis mayoritas penduduknya berfrofesi sebagai petani yang tentu irigasi dan pupuk adalah bagian integral yang tidak terpisahkan dari peningkatan hasil pertanian.
” Sesuai dengan visi Aprozi Alam, menuju Lampura yang sejahtera. Menjadi niat beliau untuk meningkatkan penghasilan ekonomi menengah kebawah, salah satunya petani. Dengan cara menangani permasalahan kelangkaan pupuk dan memperbaiki saluran irigasi ” terang Helmi.
Helmi Hasan juga menjelaskan, pengelolaan hasil pertanian menjadi sorotan Aprozi Alam kedepan jika dirinya dipercaya oleh masyarakat untuk menjadi Umaroh di Bumi Lampura.
” Lampung Utara harus berubah, karena kenyamanan dan keamanan, adalah salah satu indikator pendongkrak kesejahteraan masyarakat” pungkas Helmi Hasan.(*).

hs-krs-22.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com