Alumni UGM (Kagama) Melaksanakan Kegiatan Peduli Lingkungan Bersih dan Sehat

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – Keluarga alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Pengcab Tanggamus hari ini Rabu 6 Nopember 2019 melaksanakan Bakti Sosial Peduli Lingkungan Bersih dan Sehat yg berlokasi di dua titik yaitu SMA 2 Kota Agung dan Kantor Kelurahan Pasar Madang Kota Agung.

Kegiatan Baksos ini di hadiri langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Sekdakab Tanggamus, Kepala Bappelitbang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Kesehatan, Uspika Kecamatan KotaAgung, Camat KotaAgung beserta Lurah Pasar Madang, Kuripan, Baros beserta Jajaran Rt/Rw dan Satgas kebersihan dan forum pasar.

Dalam sambutan Ketua KAGAMA Pengcab Tanggamus menyampaikan :
Kegiatan Bakti Sosial yang kita laksanakan hari ini merupakan pelaksanaan dari Program Kerja Kagama Kabupaten Tanggamus Tahun 2019, dan sesuai dengan Visi Kagama yaitu Optimalisasi peran jaringan alumni dan almamater dalam rangka penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk mensejahterakan rakyat dan memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara dalam wadah NKRI.

Kami dari Kagama Tanggamus, dengan berbagai latar belakang bidang keilmuan, juga ingin memberi warna dan berkontribusi secara nyata dalam pembangunan masyarakat di Kabupaten Tanggamus. Berkenaan dengan hal tersebut, dan dalam rangka mendukung Pemkab Tanggamus dalam upaya meraih Piala Adipura maka kami mencoba memberikan sumbang saran dan tenaga baik moril maupun materil demi tercapainya harapan yaitu meraih Piala Adipura untuk pertama kalinya di Bumi Begawi Jejama.

Berbicara tentang Adipura maka tidak terlepas berbicara dari kebersihan lingkungan. Upaya untuk terus menjaga kebersihan lingkungan selalu kita lakukan baik melalui peran serta anggota Kagama di lingkup tugas pemerintahan juga melalui berbagai program kegiatan yang Kagama lakukan, seperti pada hari ini, tadi pagi kita telah melaksanakan Sosialisasi dan Pembagian Tumbler kepada para Siswa-siswi di SMA Negeri 2 Kota Agung. Dan pada hari ini Kagama Tanggamus juga akan menyerahkan Sarana Kebersihan berupa:

  1. Kotak Sampah Beroda, sebanyak 4 Unit.
  2. Tong Sampah Drum, sebanyak 20 buah.
  3. Alat Minum “Tumbler”, sebanyak 50 buah.

Penyerahan sarana kebersihan ini walaupun secara nominal tidaklah seberapa, tetapi ini merupakan komitmen Kagama Tanggamus untuk membantu menangani permasalahan kebersihan lingkungan khususnya diarea Pasar Kota Agung dan lingkungan perumahan di 3 (tiga) kelurahan Kota Agung yaitu Kelurahan Kuripan, Pasar Madang dan Baros.

Diharapkan sarana ini dapat bermanfaat di dalam kebersihan lingkungan pasar dan lingkungan perumahan yang selama ini masih belum terjaga dengan baik.

Kagama Kabupaten Tanggamus memiliki komitmen untuk terus berusaha dan peduli terhadap lingkungan yang bersih dan sehat. Kami berusaha mengelola potensi anggota Kagama di Tanggamus.
Anggota Kagama Tanggamus memiliki profesi dan pekerjaan yang tersebar dilingkungan Pemkab Tanggamus dan Swasta, mulai dari profesi Guru, Dokter, Apoteker, PKK, Staf biasa sampai Pejabat seperti Camat dan Sekretaris Dinas. Yang kesemuanya memiliki kualitas dan kompetensi yang mumpuni di bidangnya masing-masing.

Dalam sambutannya Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menyampaikan, Saya mengucapkan terimakasih kepada Ketua dan Anggota Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Cabang Kabupaten Tanggamus yang menyelenggarakan Bakti Sosial di Kecamatan Kota Agung, yang akan memberikan bantuan berupa Sarana Prasarana Kebersihan, khususnya kepada para Forum Pasar dan Satgas Kebersihan Kelurahan. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan tentunya dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan baik dipasar ataupun di lingkungan pemukiman di wilayah Kelurahan Pasar Madang, Kuripan dan Baros.

Dan tentunya kegiatan Bakti Sosial yang kita laksanakan ini, bukan hanya sekedar kegiatan seremoni belaka. Namun lebih dari itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu sarana untuk saling melekatkan hubungan antar Pemerintah Daerah dengan Kelompok elemen masyarakat, para Penggiat kebersihan, Akademisi, Politisi, Petugas kebersihan, Aparatur kecamatan dan Kelurahan serta Warga sekitar untuk terus saling menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan.

Atas bantuan sarana kebersihan yang telah berikan oleh Kagama Tanggamus, saya menghimbau kepada para tenaga kebersihan yang tergabung dalam Forum Pasar dan Satgas Kelurahan, agar benar-benar melakukan tugasnya dengan baik agar lingkungan yang berada di wilayah Kota Agung, baik di wilayah pasar dan pemukiman menjadi bersih. Dan bilamana ada kejadian yang tak terduga seperti halnya banjir, agar ikut terjun dalam mengatasi bencana itu. Kita semua harus terjun, gotong royong mengatasi masalah tersebut. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.

Menjaga Kebersihan Lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan yang saat ini telah berlangsung diwilayah Kota Agung dan sekitarnya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan lingkungan rumah kita.

Menjaga kebersihan Lingkungan dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada ke tempat sampah. Bersihkan lingkungan kita dari Sarang nyamuk Aedes Aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah. Terlebih informasi dari Dinas Kesehatan bahwa jumlah Kasus DBD di Tanggamus tahun ini mencapai lebih dari 244 kasus atau naik 2 kali lipat dibanding tahun lalu. Oleh karenanya kita harus siap terutama Dinas Kesehatan agar segera menindaklajuti dan berupaya mencegah semakin tingginya kasus DBD tersebut. (Man),

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com