Adu Merpati Kolongan Tinggi di Kotaagung

Bagikan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  

Tanggamus (HS) – Dalam rangka Gebyar Stebi Kotaagung yang ke 1, Grup Merpati Kolongan Stimik Terbaya (MKST) menggelar lomba ketangkasan  merpati kolongan tinggi di lingkungan Pekon Terbaya Kecamatan Kotaagung, Minggu, (22/4/18).

“Perlombaan merpati kolongan tinggi yang digelar selama dua hari itu adalah dalam rangka sosialisasi untuk menyemarakan bahwa di Kotaagung memiliki perguruan tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis (STEBI) yang berdomisili di jalan Soekarno Hatta. Di samping itupula menambah tali siraturohim bagi pecinta burung kolongan dapat menyalurkan hobinya karena itu merupakan kegiatan yang positif,” ujar Ade Nur Hamzah selaku ketua satu Stebi.

Sementara Kepala Pekon Terbaya Agus Bhaki mengatakan, pihaknya sangat
mengapresiasi dan mendukung kegiatan positif itu, sekaligus bisa sebagai wadah menyalurkan para pehobi burung merpati dalam lomba ketangkasan burung tersebut.

Ketua Panitia Ali Muddin AR mengatakan, lomba ini menarik minat pehobi burung merpati, dan pihaknya akan menggelar event-event berikutnya karena menurutnya lomba seperti ini, dapat menyemangati pencinta burung kolongan tinggi.

“Alhamdulillah, dalam rangka Gebyar STEBI Kotaagung yang ke 1, para pemuda dan pehobi burung merpati kolongan tinggi ikut partisipasi meramaikan perlombaan dengan jumlah peserta perlombaan mencapai 158,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pihaknya sengaja mengadakan lomba ketangkasan burung merpati tinggi, karena di Tanggamus khususnya di Kotaagung cukup banyak para pehobi burung kolongan tinggi. Ditambah latihan rutin kerap dilakukan para pehobi merpati itu di sejumlah tempat seperti Kotaagung pusat, kotaagung barat, Kotaagung Timur dan wilayah lainnya.

Jadi, kategori perlombaan merpati kolongan tinggi ini yang di gelar adalah kelas untuk umum, bebas siapa saja yang mau mengikuti perlombaan itu. Adapun aturannya, merpati harus masuk di dalam area garis pembatas yang biasa di sebut kolongan dan mendarat tepat di garis yang telah ditentukan yang sudah disediakan pihak panitia, jika tidak maka peserta dianggap gugur,” paparnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya perlombaan ini sekaligus mengajak pehobi burung merpati bisa bergabung dalam grup yang ada.

“Untuk di Kotaagung kita memiliki 5 grup yang sudah mengadakan perlombaan dan kelimanya telah mengadakan perlombaan merpati kolongan dengan cara bergilir. Grup tersebut: Merpati Kolongan Simik Terbaya (MKST), Merpati Cinta Damai (MCD), Merpati Kolongan Way Gelang (MKW), Merpati Islamic Center (MIC), Merpati Tanggamus Indah (MTI).

Juara pertama dalam perlombaan ketangkasan merpati kolongan ini diraih Cakdeka dari Gisting dengan nama burung Philip, juara kedua disandang Arjun, juara ketiga didapat Wayu dengan nama burung Acil, sementara juara ke empat jatuh pada Manaf dengan nama burung Zipo.

Juara lima nama burung Red Bull, ke enam Baret Merah, tujuh Komet, dan ke delapan Sanyo. (sis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com