Ada Penularan Lokal Covid 19 di Lampung Utara

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kotabumi (HS) – Telah terjadi penularan antar warga (lokal) covid-19 di wilayah Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Pasalnya dua warga asal Kecamatan Abung Surakarta yang terkonfirmasi positif corona, Selasa (9/6/2020), tak miliki riwayat perjalanan keluar daerah berada di redzone atau zona merah.

Website resmi Pemkab Lampura (covid.lampungutarakab.go.id) per Rabu, 10 April 2020 orang dalam pemantauan (ODP) berkurang 2 orang. Dari sebelumnya 3 ODP menjadi 2 ODP, dan 125 selesai dalam pemantauan. Sehingga total 127 ODP, satu diantaranya meninggal dunia. Sementara orang tanpa gejala (OTG) terdapat 117 orang 37 lainnya masih dilakukan pemantauan.

“Dan sebanyak 6 pasien dalam pemantauan (PDP), satu orang sembuh dan dirawat serta 4 lainnya meninggal dunia. Sementara untuk warga terkonfirmasi positif total ada 8 orang, dengan rincian 3 orang dirawat dan 5 diperbolehkan pulang, “kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampura, Sanny Lumi, sekaligus Plt Kadis Kominfo Lampura itu.

Untuk warga terkontaminasi positif sendiri, menurut informasi diterima gugus tugas diakibatkan adanya kontak langsung dengan penderita yang telah dahulu menunggu tempat isolasi khusus, Kompleks Islamic Center Kotabumi (K#6 LU).

“Dugaan ini diperoleh dari informasi mengatakan bahawasanya bersangkutan (K#7 LU) tidak melakukan perjalan, baik itu untuk keperluan usaha maupun lainnya. Khusus warga (K#8 LU) juga demikian, namun ia memiliki riwayat penyakit komorbit dan gangguan paru-paru, “terangnya

Oleh karena itu, menurutnya meski saat ini telah ada kebijakan pemerintah khususnya bagi aktivitas ekonomi produktif masyarakat. Mesti dibarengi dengan kedisiplinan melaksanakan anjuran pemerintah. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, menata pola hidup bersih dan sehat.

“Serta selalu mendekatkan diri kepada sang khalik, agar dapat terhindar sekaligus memutus mata rantai penyebaran covid-19, “terangnya.(*/ef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com