5-25 Maret Gelar Razia Keselamatan Lalulintas

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bandar Lampung – Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana, memimpin apel keselamatan lalu lintas di Lapangan Mapolda Lampung, Kamis (1/3/2018), guna mengecek kesiapan personil dan peralatan serta kendaraan. Dalam apel tersebut, Irjen Suntana membacakan amanat dari Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Kakorlantas RI) Irjen Pol Royke Lumowa.

Dalam operasi ini akan fokus beberapa tindakan pelanggaran seperti melawan arus lalu lintas hingga penggunaan telepon genggam saat berkendara. “Operasi keselamatan 2018 ada beberapa sasaran antara lain melawan arus, menggunakan HP saat mengemudi dan berkendaraan yang belum cukup umur,” kata Suntana, Kamis (1/3).

Selain itu, target dalam operasi ini adalah pengemudi kendaraan sepeda motor yang tidak menggunakan helm, dan yang berboncengan lebih dari satu orang, kendaraan yang tidak dilengkapi STNK, kendaraan yang melebihi kapasitas angkut, kendaran mengunakan/memasang rotator/lampu blitz dan sirene).

“Operasi ini akan dilakukan di jalan raya, kawasan jalan tertentu yang rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan lalu lintas,” kata Kapolda.

Operasi ini berlangsung 5–25 Maret 2018 dengan melibatkan pasukan sekitar 568 dengan rincian 94 dari satgas Polda dan 474 dari Polresta dan jajaran. Polisi juga bekerja sama dengan unsur-unsur dari POM TNI, baik darat, laut dan udara serta dari pemerintah daerah, mekanisme pelaksanaannya 80% pencegahan dan 20% penindakan. “Tujuan operasi ini untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas,” kata Kapolda.

Kapolda mengimbau agar masyarakat dan pengendara melengkapi kelengkapan, surat-surat kendaraan, dan SIM saat mengemudi. Kemudian bagi yang menggunakan kendaraan roda dua baik penggemudi maupun yang dibonceng agar menggunakan helm SNI dan jangan melawan arus.

Bagi yang menggunakan kendaraan roda empat baik pengemudi maupun di samping pengemudi agar menggunakan sabuk pengaman. “Mari kita bersama sama mendukung dan mensukseskan kegiatan operasi keselamatan Krakatau 2018 ini agar dapat berjalan dengan baik dan lancar serta tercapai tujuan operasi,” imbaunya.

Dalam apel tersebut turut dihadiri Wakapolda Lampung, Brigjen Pol Angesta Romano Yoyol, Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno, Plt Wali Kota Bandar Lampung Yusuf Kohar, Danrem 043/Gatam Lampung Kolonel Inf Hadi Basuki, dan jajaran Forkompimda lainnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com