Senyum Mengembang dari Penerima Dana PKH di Way Kanan

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Way Kanan – Keluarga miskin penerima bantuan dana PKH kini mampu membuka badan usaha kecil sendiri. Seperti yang dilakukan sejumlah besar para penerima dana PKH di Way Kanan. Mayoritas mereka membuka warung manisan, kios gorengan, dan makanan olahan lokal. Ini adalah sebagian dari 12.294 kepala keluarga (KK) masyarakat miskin Kabupaten Way Kanan yang menerima manfaat dari penyaluran bantuan dana sebesar Rp14,3 miliar  oleh pengurus PKH Way Kanan tahun 2016 belum lama ini.

Senyum mengembang tampak dari wajah Sukarni misalnya, warga Kampung Setia Negara, Kecamatan Baradatu. Kini dia bisa membuka warung manisan di kampung lantaran terbantu dana bantuan PKH. “Terimakasih saya ucapkan buat Menteri Sosial RI, maupun Dinas Sosial Pemkab Way Kanan berikut para pengurus PKH Kabupaten Way Kanan yang telah menyalurkan bantuan dana kepada keluarga kami. Berkat bantuan PKH ini, keluarga kami bisa mempunyai penghasilan tambahan selain dari hasil kerja serabutan suami saya Sujarno,”ungkap Sukarni saat dikonfirmasi, Minggu (22/1).

Wanita berhijab ini menambahkan, sebelum usaha barunya, sang suami hanya berpenghasilan di bawah Rp. 1 juta/bulan. Dia berharap usaha barunya bisa meningkatkan penghasilan tambahan keluarga dan itu tentu sama dengan  tujuan pemerintah: mengurangi keluarga miskin. “Saya sangat merasa manfaatnya sekali dengan adanya bantuan dana PKH ini,”ucapnya.

Hal sama dilontarkan penerima dana PKH lainya, Lisnawati. Ibu mengungkapkan kini keluarganya memiliki usaha kecil-kecilan. Meski begitu, kegiatan ini sangat membantu menambah penghasilan. “Kami ini dari keluarga miskin Pak, jadi kalau gak ada modal usaha gimana kami bisa buka usaha. Alhamdulillah, sekarang kami sekeluarga terbantu dengan bantuan PKH. Selain untuk anak sekolah, PKH telah saya gunakan buat usaha sekarang,” kata Lisnawati, yang telah memiliki usaha makanan cemilan keripik singkong, kelanting, dan emping yang ia edarkan ke sejumlah warung di Way Kanan.

Koordinator PKH Kabupaten Way Kanan Pebri, SH., juga membenarkan sebagian besar penerima PKH, dari total 12.294 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Way Kanan di tahun 2016, telah memanfatkan Dana PKH sebagai modal usaha.

“Ya para peneirima dana PKH saat ini telah memanfaatkan dananya sebagai modal untuk usaha di luar kebutuhan anak sekolah dan kesehatan. Melalui kelompok usaha bersama atau Kube Mandiri, PKH ke depan bisa mengurangi kelurga miskin di Way Kanan,” pungkasnya. (MS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com