40 Wasit Piala Presiden Jalani Sumpah Tugas

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jakarta – Sebanyak 40 wasit yang terdiri dari 20 wasit dan 20 asisten wasit yang ditugaskan untuk Piala Presiden 2017 menjalani sumpah tugas di Makostrad TNI AD, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/207).

Selain 40 wasit, 10 pengawas pertandingan, empat referee assessor dan empat pengawas dari tim etik PSSI juga menjalani sumpah tugas. Para wasit yang ditugaskan menandatangani enam poin sumpah dalam menjalankan tugas.

Enam poin tersebut yakni wajib menjalankan tugas dengan adil, menjunjung tinggi sportivitas, dilarang menerima uang atau barang dari pihak lain yang berkepentingan dalam turnamen, dilarang bertemu dengan pihak yang berkepentingan dalam turnamen, dan dilarang berbicara kepada media baik sebelum maupun sesudah pertandingan.

Sebelum mengucap janji, wasit mendapatkan pengarahan dari Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi. Edy berpesan kepada para wasit untuk menjaga profesi demi sepak bola Indonesia.

“Wasit menjadi elemen yang penting dalam turnamen. Jadi kami minta mereka menjalankan tugas dengan baik. Dalam turnamen ini akan menjadi percontohan untuk kompetisi,” kata Edy.

PSSI juga akan tegas memberikan sanksi apabila wasit melanggar sumpah yang telah ditandatangani. Dalam poin terakhir, wasit juga harus menerima konsekuensi apabila melanggar sumpah. “Soal sanksi, bisa dibebastugaskan di turnamen hingga kompetisi,” imbuh Edy.

Setelah menjalani sumpah tugas, para wasit mengikuti pemaparan dari Komite Etik PSSI. Piala Presiden 2017 mulai bergulir pada Sabtu (4/2/2017) dengan pembukaan di Sleman dengan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.bola.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com