33 Keluarga Kelurahan Pasar Madang Penerima Manfaat PKH Menggraduasikan diri

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kota Agung (HS) – 33 dari 450 Keluarga Kelurahan Pasar Madang penerima manfaat (PM), program keluarga harapan (PKH), menyatakan menggraduasikan diri secara sukarela.

Acara graduasi penerima manfaat PKH dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus Zulfadli, Pendaping PKH Miftahul Fauzan dan jajarannya di kantor Kelurahan Pasar Madang, Kamis (05/03/2020)

Munjiah salah satu warga penerima manfaat PKH mengaku dihadapan wartawan hariansumatera.com, bahwa dengan kehidupan yang sudah mapan, dan sudah lama menerima manfaat PKH tanpa adanya paksaan, iya mengajukan untuk graduasi.

“Saya merasa sudah mampu, saya sudah tidak layak lagi, untuk menerima bantuan. dan masih banyak warga lain yang sangat membutuhkan, saya bersyukur dan berterima kasih sudah 5 tahun menerima bantuan PKH”, ungkap Munjiah

Menurut Miftahul Fauzan salah satu pendamping penerima manfaat PKH kelurahan Pasar Madang mengatakan, memang sudah tugas kami untuk graduasi KPM PKH, karena salah satunya untuk mendukung program aksi 55 Bupati. Tanggamus salah satunya, yaitu pengentasan kemiskinan kami di Dinas Sosial maupun PKH untuk melakukan graduasi peserta KPM PKH.

“Di Kelurahan Pasar Madang ini, ada 33 KMP PKH untuk tahap pertama yang di graduasi dan lulus dari program KPM PKH. mungkin nanti selanjutnya tidak akan berhenti di sini, dan akan terus bertambah seiring edukasi. yang pendamping sampaikan setiap waktu kepada masyarakat penerima KPM PKH.” Katanya Fauzan.

Fauzan menambahkan, untuk yang sudah di graduasi nanti mereka akan menerima bantuan sosial mereka dapatkan seperti sembako BPJS kesehatan, KIP dan lainnya, pihak kami akan mendampingi untuk peningkatan ekonominya dalam usahanya seperti modal dari Pemda atau dari Bank Mandiri.

Sementara Dede Chandra lurah Pasar Madang mengatakan kegiatan Graduasi
Merupakan sikap mereka yang kesejahteraannya sudah meningkat dan mengundurkan diri secara sukarela dan tidak ada paksaan dan masyarakat yang menggraduasikan sebanyak 33 kk.

Dede pun berharap, untuk masyarakat penerima PKH yang belum graduasi supaya bisa ikut menggraduasikan diri. Tim pendamping Penerima manfaat PKH akan terus mensosialisasikan kepada warga yang sudah mapan namun masih tetap menerima bantuan tersebut.

“Nanti tim PKH untuk koordinasi terus memberikan edukasi kepada masyarakat supaya tidak lagi mengharapkan bantuan dan supaya graduasi untuk masyarakat yang memang masih anggota penerima PKH “, kata Lurah Dede Candra.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus Zulfadli, sangat mengapresiasi keberhasilan, baik dari Dinas Sosial, Kementerian Sosial, maupun pendamping PKH dan KPM. karena tidak mungkin keberhasilan ini terwujud, tanpa adanya kerjasama dan saling bersinergi antar semua pihak.” Kata Zulfadli.

Masih dengan Zulfadli, Secara otomatis bantuan PKH mereka berhenti, namun mereka akan mendapatkan bantuan lainnya, seperti Bansos bantuan sembako BPJS, KIP dan lain sebagainya.

“Untuk pendataan setiap hari dilakukan, oleh Dinas Sosial maupun pendamping. kita mempunyai program sistem rujukan terpadu, yang ada di setiap Kelurahan Kecamatan maupun Kabupaten dan Fasilitator”, pungkas Kadis sosial. (Riz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com