20 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KKN di Ulubelu Tanggamus

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ulubelu (HS) – Sebanyak 20 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Angkatan 102 di Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, mulai Kamis, 30 Juli 2020.

Mereka diterima pihak Kecamatan Ulubelu, Suwarno, S. Ag., bertempat di Beloe Kopi, Dusun Tegalrejo, Pekon Sukamaju, pada pukul 09.30 WIB. Penerimaan secara simbolis ini juga dihadiri Kepala Pekon Sukamaju Suprayetno; Kepala Pekon Datarajan Joko Sulistiyono; Kadus Pekon Sukamaju, serta Kukuh selaku pemilik Beloe Kopi. Selain itu juga Very Julianto, M.Psi., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Ulubelu juga menghadiri pertemuan ini, namun melalui virtual meeting karena terkait kondisi di masa CoVid-19.

Pertemuan ini diawali dengan do’a dan tilawah al-Qur’an serta dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pihak kecamatan menerima dengan baik kedatangan mahasiswa dengan pesan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Mahasiswa KKN Ulubelu melakukan penyerahan plakat kepada pihak Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, dan Pekon Datarajan sebagai bentuk kenang-kenangan

Kelompok KKN UIN Sunan Kalijaga merupakan dua kelompok yang terjun di dua pekon berbeda, yakni Pekon Sukamaju dan Pekon Datarajan. Mahasiswa KKN merupakan hanya sebagian dari keseluruhan kelompok KKN Ulubelu dan sisanya berkontribusi aktif secara daring.

Kelompok mahasiswa yang hadir memaparkan beberapa program kerja dengan tema “Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Masa New Normal Pandemi CoVid-19 melalui Sektor Wisata UMKM Kopi di Ulubelu” bagi Pekon Sukamaju dan “Pemberdayaan UMKM di tengah Pandemi CoVid-19 Pekon Datarajan Kecamatan Ulubelu” bagi Pekon Datarajan.

Pengambilan tema tersebut dilatar belakangi oleh potensi perkebunan kopi di Ulubelu sebagai penggerak ekonomi yang sudah cukup maju namun belum mampu memanfaatkan pengetahuan teknologi yang lebih maju. Aspek ini dapat dikembangkan menjadi desa wisata dengan target masyarakat luar lampung hingga mancanegara dan UMKM kopi yang dapat menembus pasar nasional maupun mancanegara.

Pelaksanaan kegiatan KKN ini juga dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahim dengan tokoh masyarakat dan tetangga di kecamatan Ulubelu.
Pertemuan ini berjalan dengan aman dan seluruh tamu undangan mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan berjaga jarak. Kegiatan ini berakhir pukul 11.00 dengan do’a, penutup, bincang santai serta dokumentasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com