KPU Way Kanan Sosialisasikan Pendaftaran Peserta Pemilu 2019

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Way Kanan (HS) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Way Kanan Lampung mensosialisasikan PKPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Pendaftaran Peserta Pemilu DPR dan DPRD tahun 2019. Kegiatan berlangsung di Blambangan Umpu, Senin (02/10).
Ketua KPUD Way Kanan Erwan Bustami, SH menyampaikan, sosialisasi tersebut bertujuan agar parpol peserta Pemilu 2019 dapat memahami mekanisme pendaftaran menjadi peserta Pemilu 2019, serta kelengkapan berkas-berkas untuk bahan lampiran pendaftaran. “Dalam acara ini kita menjelaskan mekanisme  pendaftaran,  tahap verifikasi hingga penetapan parpol peserta pemilu 2019,” terang Erwan Bustami.
Selain itu, imbuh dia, pihak parpol diharapkan mempelajari UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, yang pengaturan secara teknis tertuang dalam PKPU 11/2017. Dijelaskan pula, batas akhir pemasukan pendaftaran dan verifikasi akan dilaksanakan dari 3-16 Oktober. Untuk selanjutnya, dilakukan verifikasi secara faktual.
Terkait dukungan parpol, Ketua KPU menjelaskan, bahwa dukungan mengacu pada jumlah 1 berbanding 1.000 di kali jumlah penduduk.
“Untuk Way Kanan, mengacu pada jumlah  penduduk 479.000 orang, maka diperlukan minimal 479 fotokopi KTP elektronik dan KTA partai yang akan kita verifikasi, untuk memastikan tidak akan ada dukungan ganda,” timpalnya.
Sementara untuk Parpol yang memiliki  pengurus ganda, pihaknya hanya akan mengakui kepengurusan yang tercantum dalam SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) yang aksesnya hanya bisa dibuka oleh KPU dan parpol.
Untuk diketahui saat ini di Kabupaten Way Kanan masih terdapat 2 kepengurusan Partai Perindo, yakni dipimpin oleh Dul Rahman dan Hamka. Kedua nya mengaku sebagai pengurus sah Partai Perindo Kabupaten Way Kanan.
“Saya masih sah selaku ketua DPD Partai Perindo Way Kanan, karena belum ada pemecatan atau pembekuan dari DPP Partai Perindo,” tandas Dul Rahman, Ketua DPD Perindo Way Kanan. (MS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com