KPU Lampung Utara Uji Calon Sekretaris

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Kotabumi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) 3 kandidat sekretaris di Aula sekretariat KPU setempat. Ketiganya adalah Perdana Putra (Kabid Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Lampura), Gunaido Utama (Kabid Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Lampura), dan Horizon (Plt Sekretaris KPU Lampura).
Berdasarkan pantauan, hanya Perdana Putra dan Horizon yang menjalani tes. Sementara Gunaido berhalangan hadir karena yang bersangkutan tengah menjalani ibadah umroh.
Para peserta menjalani tes secara bergantian oleh kelima komisioner KPU, yakni Marthon (Ketua), Aprizal Ria (anggota), Mad Akhir (anggota), Tedy Yunada (anggota) dan Marswan Hambali (anggota).
Fit and proper test ketiga calon yang direkomendasi oleh pemerintah Kabupaten Lampura bertujuan untuk memenuhi kriteria ideal. Masing-masing calon diminta pandangannya dalam beberapa aspek, diantarannya Etika dan Integritas, aturan/menejemen penganggaran, kepemimpinan, teknis kepemiluan, problem solving dan manajemen kepemimpinan.
Kepada sejumlah wartawan, Ketua KPU lampung Utara, Marthon, mengatakan fit and proper test dilakukan setelah KPU Lampura mendapatkan 3 (tiga) nama calon yang diusulkan oleh Pemda setempat. “Setelah dilakukannya fit and proper test, kami akan melakukan penilaian terhadap tiga nama calon tersebut. dan selanjutnya diusulkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Lampung,” ujar Marthon.
Terkait ketidakhadiran salah satu peserta yang tidak hadir, Marthon menjelaskan jika pelaksanaan tes terhadap Gunaido akan dilakukan setelah yang bersangkutan pulang dari ibadah umroh. “Nanti setelah dia (Gunaido) pulang, baru kita adakan tes,” terangnya.
Sementara menurut Perdana Putra, usai menjalani tes mengaku, materi yang dipertanyakan para komisioner seputar pengalaman dalam birokrasi. Selain itu, mengenai jalinan kerasama antara KPU dan pihak terakit. “Yang pasti seputar etika dan integritas,” ungkapnya.
Diketahui, ketiga nama yang direkomendasikan Pemkab tersebut, dianggap paling layak baik dari segi administrasi atau pengalaman.
Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan SDM Lampura, Iwan Setiawan, yang juga sekretaris Baperjakat, Menjelaskan Kelayakan ini telah melalui penilaian yang dilakukan oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) beberapa waktu lalu.”Ketiga calon yang direkomendasi dinilai sosok yang tepat oleh Baperjakat untuk mengisi posisi Sekretaris KPUD yang kini masih berstatus Pelaksana Tugas,”ujar iwan. (efry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com