Demam Berdarah Serang 500 Lebih Warga di Lampung Utara

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Kotabumi – Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Utara jumlah penderita penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk DBD mencapai 536 orang hingga pertengahan Desember lalu. Hal ini dijelaskan Kasi Penanggulangan Penyakit, Dinas Kesehatan Lampung Utara, ‎M. Yusuf, Kamis (28/12).
Jumlah pasien tahun ini jauh lebih meningkat dibandingkan pada tahun 2015 yang lalu mencapai 206 orang DBD, karena siklus lima tahunan. Berdasarkan hasil pantauan Dinas Kesehatan saat ini ada 8 Kecamatan yang terjangkit endemis wabah penyakit DBD kecamatan Kotabumi; kecamatan Kotabumi Selatan; kecamatan Kotabumi Utara; kecamatan Bukit Kemuning; kecamatan Bunga Mayang; kecamatan Abung Selatan; kecamatan Blambangan Pagar; kecamatan Abung Tinggi.
Yusuf menerangkan, untuk dua wilayah terakhir‎, merupakan data terbaru yang dijadikan endemis di Lampura. Sebab, dalam tiga tahun terakhir, di kecamatan Blambangan Pagar dan Abung Tinggi dilaporkan adanya warga yang terjangkit nyamuk aedes aegypti tersebut.
Langkah Dinas Kesehatan saat ini melakukan 4 cara pencegahan dilakukan dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara menguras, menutup, mengubur barang bekas yang dapat menjadi tempat perindukan nyamuk. Kemudian melakukan Foging dilaksanakan pada kasus-kasus diwilayah yang ditemukan penderita, serta Abatisasi, yaitu dengan menaburkan bubuk abate ke dalam bak mandi atau tempat penampungan air, dan terakhir Sistem kewaspadaan dini, laporan penderita penyakit dari rumah sakit dikirim ke Puskesmas di wilayah penderita untuk dilakukan penyelidikan epidemiologi.
Lanjut Yusuf, adapun gejala penyakit DBD diantaranya: Demam tinggi yang tidak turun-turun selama 3 hari, Thrombosit darah turun drastis , timbulnya bintik-bintik merah setelah demam 3 hari, dan untuk Pencegahannya upayakan perbanyak mengkonsumsi air putih agar thrombosit darah tidak turun.(efry).
/IMG-20210331-WA0003_copy_640x513.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com