219 Warga Way Kanan Terima Bantuan Stimulan Rumah

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Way Kanan (HS) –¬†Sebanyak 219 unit rumah masyarakat tidak layak huni di Kabupaten Way Kanan Lampung menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Penyerahan buku rekening dan peletakan batu pertama program BSPS dilaksanakan di Kampung Simpang Tiga, Kecamatan Rebang Tangkas, Senin (17/7).
Dalam laporan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Way Kanan Drs. Ali Rahman, MT menyampaikan, dengan kebijakan pemerintah pusat tentang program perumahan layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah melalui program BSPS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Pemerintah Kabupaten Way Kanan pada tahun anggaran 2017 mendapatkan bantuan program BSPS banyak 219 unit untuk Peningkatan Kualitas (PK) perumahan dengan besaran bantuan senilai maksimal Rp. 15 juta per unit. Bantuan tersebut tersebar di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Baradatu yakni Kampung Gunung Katun sebanyak 33 unit, Kecamatan Blambangan Umpu Kampung Gedung Batin sebanyak 27 unit dan Kecamatan Rebang Tangkas Kampung Simpang Tiga sebanyak 159 unit.
“Uang hanya dapat dipindahkan ke rekening tokoh yang sudah ditetapkan berdasarkan musyawarah masyarakat penerima bantuan, selanjutnya toko akan mengirimkan material sesuai kebutuhan kepada penerima bantuan sampai dengan selesai dan menyesuaikan tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat,” ujar Ali Rahman, Kadis PU Kabupaten Way Kanan, diacara yang dihadiri oleh Bupati Way Kanan, hari itu.
Untuk membantu menuntaskan program tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan juga telah melakukan usulan tambahan bantuan terhadap peningkatan kualitas melalui program BSPS pada tahun 2017.
Pemerintah Kabupaten Way Kanan telah mengusulkan sebanyak 500 unit rumah adat dan telah disetujui oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada tanggal 31 Maret 2017 yang bertempat di Atria Gading Serpong Tangerang Banten. Adapun untuk pelaksanaan bantuan tambahan ini diperkirakan pada bulan Oktober 2017.
“Sedangkan untuk tahun 2018 telah kami usulkan juga sebanyak 2424 unit dan tahun 2019 sebanyak 2235 unit untuk lokasinya tersebar di beberapa Kecamatan,” ungkapnya.
Dalam sambutan, Kepala Satuan Kerja Nonvertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Lampung, diwakili Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Heriyanto, pada kesempatan itu menyampaikan, BSPS adalah bantuan pemerintah berupa stimulan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk meningkatkan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan ataupun peningkatan kualitas rumah beserta prasarana dan sarana utilitas umum.
Sedangkan rumah adalah bangunan gedung sebagai tempat tinggal yang layak huni sarana pembinaan keluarga cerminan harkat dan martabat penghuninya serta aset bagi pemiliknya. Bangunan rumah layak huni yang dimaksud yaitu layak dari segi keselamatan bangunan kecukupan minimal luas bangunan dan kesehatan penghuninya.
Sementara itu, untuk penyaluran uang dari Bank Lampung ke rekening Penerima Bantuan (PB) sekaligus satu tahap, tetapi pemanfaatan dua tahap. Tahap pertama uang sebesar 50% dapat dicairkan setelah barang dikirim ke rumah penerima bantuan dan PB menerima barang yang dipesan di toko dan Barang sudah diterima dengan baik, ditandai dengan penandatanganan nota pengiriman maka uang yang ada di rekening Bank Lampung akan di pindahbukukan dari rekening PB ke rekening toko.
Selanjutnya, tahap kedua, uang sebesar 50% dapat dimanfaatkan setelah progress fisik di lapangan sebesar 30% dan sudah ada laporan LPD tahap 1 oleh PB. Besaran bantuan yang diterima PB tergantung hasil verifikasi untuk rusak ringan sebesar Rp 7,5 juta rusak sekarang sebesar 10 juta dan rusak berat sebesar 15 juta rupiah.
“Untuk Kabupaten Way Kanan, semua PB masuk kategori rusak berat dengan jumlah total keseluruhan bantuan sebesar Rp. 3.285.000.000,” papar Heriyanto, PPK BSPS SNVT Penyediaan Perumahan Propinsi Lampung.
Dalam sambutannya, Bupati Way Kanan Hi. Raden Adipati Surya, SH., MM menambahkan, pemerintah sangat berterimakasih banyak kepada SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Lampung. Rumah memiliki fungsi yang sangat besar bagi individu dan keluarga tidak saja mencakup aspek fisik, tetapi juga mental dan sosial. Untuk menunjang fungsi rumah sebagai tempat tinggal yang baik maka harus dipenuhi syarat fisik yaitu aman sebagai tempat berlindung dan secara sosial dapat menjaga privasi setiap anggota keluarga, menjadi media bagi pelaksanaan bimbingan serta pendidikan keluarga. (MS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.hariansumatera.com